Skip to main content
Custom Search

Translate

Mengungkap UU Cipta Kerja. Dampaknya Untuk Pencari Kerja & Pelaku Bisnis

Setelah lulus sekolah tingkat menengah atas dan fresh graduate dari perguruan tinggi, biasanya mencari pekerjaan dan segera melamar pekerjaan kalau ada lowongan. Tidak banyak anak muda yang langsung terjun sebagai entrepreneur

Cerita ini memang tidak aneh karena secara tradisional para orang tua selalu menasihati anak-anak mereka agar rajin belajar supaya setelah lulus bisa bekerja di perusahaan besar atau menjadi pegawai negeri sipil. Jarang banget orang tua yang menanamkan semangat wira usaha pada anak-anak mereka. 


Amanda tetap cantik baik ketika berfoto dengan toga setelah wisuda,
maupun ketika sibuk menggoreng tahu di cuaca panas dan hujan (hot.liputan6.com)

Pada saat ekonomi sedang sehat, banyak pekerjaan yang tersedia. Ada pula anak muda yang pilih-pilih pekerjaan, misalnya harus sesuai jurusan. Ketika sudah dipastikan diterima malah batal bekerja karena tidak mau ditugaskan di kota lain, misalnya untuk satu tahun pertama. 

Meskipun kondisi ekonomi dunia sedang berjalan dengan baik ternyata peluang kerja tidak selalu tersedia di negara-negara tertentu yang terlalu banyak memiliki undang-undang. Negara seperti itu biasanya tidak menarik para investor untuk mengambil risiko misalnya untuk membuka pabrik, kantor cabang dan enggan melakukan kerja sama dengan perusahaan lokal maupun dengan pemerintah. 

Mereka kesal dengan sistem hukum dan perijinannya yang berbelit-belit, memakan waktu lama. Kalau ingin cepat, maka harus ada pemanis untuk para oknum pejabat, makelar, mafia berdasi, calo, anggota parlemen dan para pemburu rente. Artinya ada biaya extra di luar ongkos entertainment resmi yang bisa dibukukan. Pungutan liar dan suap merupakan hidangan utama untuk mendapat ijin usaha atau investasi. 

Sebagai seorang pengusaha, Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi pasti faham dengan masalah yang dihadapi oleh para pengusaha dan para investor. Orang jaman dahulu menyebut terlalu banyak meja yang harus dilalui. Mungkin anda pernah mendengar istilah money under table

Pada awal pemerintahan Presiden Jokowi sebagai presiden, bahkan ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok - Kegeraman Jokowi adalah pada ruwetnya birokrasi pemerintah daerah dari atas sampai ke bawah. 

Hal pertama yang dilakukan Jokowi ketika itu adalah membenahi birokrasi termasuk melakukan lelang jabatan agar mendapat camat, lurah dan walikota yang memang pantas menduduki jabatan itu. Jabatan seperti itu di mata Jokowi tidak relevan kalau selalu dikaitkan dengan senioritas. 

Keruwetan itu juga terjadi di tingkat pemerintah pusat, sehingga Jokowi getol melakukan penyerderhanaan birokrasi termasuk dalam pengurusan perijinan. Namun para kepala daerah dari tingkat provinsi sampai kabupaten kota dan kecamatan tidak memiliki visi yang sama. Dengan adanya desentralisasi yang digagas oleh Ketua MPR, yaitu di masa kepemimpinan Amien Rais, maka agak sulit untuk membuat para pejabat di daerah untuk membuat birokrasi dan perijinan lebih sederhana. 



Berdasarkan fakta yang tidak enak itu, Presiden Jokowi mencetuskan gagasan dibuatnya UU Omnibus Law. Artinya, UU baru yang menggabungkan beberapa regulasi dan memangkas beberapa pasal dari undang-undang sebelumnya termasuk pasal tentang ketenagakerjaan menjadi peraturan perundang-undangan yang lebih sederhana. Gagasan tersebut sudah tersurat dan tersirat ketika Jokowi dilantik sebagai Presidan di gedung DPR pada 20 Oktober 2019. 

Beberapa bulan kemudian DPR pun mensahkan UU Cipta Kerja. Ternyata UU Cipta Kerja tetap mengatur tentang pemberian pesangon kalau ada PHK, begitu pula tentang UMR. Sudah banyak negara yang melaksanakan Omnibus Law karena sangat fleksibel dalam urusan perijinan usaha maupun dalam membuka lapangan kerja. 



Kalau calon pengusaha muda dan tua bisa mendirikan usaha dengan syarat dan proses yang lebih mudah, maka investasi awal bisa dilakukan lebih ringan karena rantai birokrasi yang panjang sudah dipangkas. Pungutan liar dan suap yang mengarah pada korupsi juga bisa dicegah lebih mudah. 

Meskipun isi UU Cipta Kerja ini bebas untuk diperdebatkan dan didemo, namun unjuk rasa yang mengarah pada vandalisme dan kekerasan bukanlah cara elok dalam berekspresi. Masih ada jalur konstitusional yang bisa ditempuh, yaitu mengajukan keberatan ke Mahkamah Konstitusi. 

Setelah UU Cipta Kerja berlaku haruslah dilaksanakan dengan tegas dan transparan, sehingga lapangan kerja lebih cepat tersedia dalam situasi apapun. Para calon pengusaha yang bermodal kecil pun akan semangat untuk mendirikan perusahaan, sehingga warga di sekitarnya bisa mendapatkan peluang untuk bekerja sesuai keahliannya. 

Gairah untuk menjadi pengusaha di segala usia pun akan semakin semarak. Sepertinya menjadi pengusaha merupakan profesi yang sangat menyenangkan, dan terasa lebih sexy daripada hanya mengandalkan ijazah agar mendapatkan pekerjaan. 

Indonesia adalah negara besar yang banyak punya talenta hebat untuk menciptakan hal baru dengan cara kreatif di tempat kerja atau membangun bisnis sendiri.

Jika gampang berbisnis, lapangan kerja pun terbuka lebar. 


Comments

Top  blogs

Popular posts from this blog

How to get the ASEAN scholarship

Putu Agung, Elwin and Benaya scholarship recipients in Singapore . There are many scholarship opportunities for you, even Singapore has generated a lot of young talent from within ASEAN. If you have passed the Junior High School, you can move on to Junior College in Singapore with a scholarship program. If you have children that are studying in junior high, then one of the scholarships available is the ASEAN scholarship. Apparently, the ASEAN scholarship is also open to study at universities in Singapore. If you are the young people in the region such as Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, Singapore, or Vietnam and young people in other ASEAN countries, then you have a chance to win the ASEAN scholarship, so that you can continue their education to a higher level. Victoria Junior College, Singapore. Image: h88.com.sg                                                             ASEAN Scholarship is a scholarship from the (Ministry of Education aka MoE) to residents o

Earn Master and Bachelor Degree through the Internet

Image: legendsownblog.blogspot.com Do you want to study but do not have time? Now you can go to college and earned a master flexibly via the internet. You can get more information about the bachelor's and master's degree on the Internet because you can easily take advantage of the search engine. Many universities and colleges that offer distance learning facilities around the world to you, so that you can learn anytime and anywhere.  You can get more information about the bachelors and masters on the Internet because you can easily take advantage of the search engine. There are many universities and colleges that offer distance learning facilities around the world to you, so that you can learn anytime and anywhere. Now is the time you take advantage of your laptop or PC to achieve a brighter future.

Luhut Binsar Pandjaitan ungkap hal mengejutkan tentang ekonomi Indonesia

Akibat dampak pandemi global yang disebabkan Covid-19 ratusan negara mengalami resesi ekonomi, begitu pula Indonesia.  Di kuartal III pertumbuhan ekonomi mengalami minus 3,49%. Pada kuartal II bahkan  mengalami minus 5,32%, yang merupakan titik terendah yang pernah terjadi di Indonesia.  Ada banyak sektor bisnis yang melambat bahkan ada perusahaan yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).  Apakah Indonesia bisa bangkit dari jurang resesi? Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (depok.pikiran-rakyat.com) Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terkontraksi 3,49 persen, namun  kompas.com (10/11/2020) melaporkan pernyataaan Menko Kemaritiman & Investasi, bahwa  "Kita sekarang sudah mulai (membaik), dari kontraksi 5,32 persen (kuartal II-2020), sekarang di 3,49 persen (kuartal III 2020). Dan saya kira itu dari data-data yang ada kita sudah mulai bangkit dari resesi ini, Sebelumnya pada 6/11/2020 ekbis.sindonews.com melaporkan pernyataan  Staf